NOVEL: JAKARTA VIGILANTE By Victoria A Lestari

 Buku terakhir untuk disubmit ke JaneXLia reading challange bulan Maret 😁. Karena tema kali ini buku dengan warna cover bebas, sengaja memilih hitam yang kebetulan koleksinya paling banyak. Jadi kalo nanti JaneXLia memilih cover buku hitam untuk bulan-bulan berikutnya, masih banyak stok buku lain buat diulas πŸ˜„. 


Tema buku kali ini sebenarnya sangat menarik. Jakarta Vigilante, yang jujurnya, aku sempet ngebrowsing dulu tentang arti dari Vigilante. Ternyata seseorang yang menegakkan hukum dengan caranya sendiri. Ilegal? Sudah pasti, lah wong cara-cara yang dipakai sering tidak memenuhi hukum yang berlaku. Agak-agak mirip Robin Hood gitu deh , atau Batman lah 😁... 




Cumaaaan, aku ga cukup puas dengan bukunya. Rada galau sih mau bikin ulasan, karena takut ga fair enough. Jadi kalau ada yang merasa ulasan ini ga seimbang karena menyangkut preferensi pribadi, buatku ga masalah. Toh ga akan bisa maksain genre yang kita suka ke orang lain.  


-------------------------


Tiara Suryajati, putri konglomerat no 5 terkaya di Indonesia. Angkuh, dan ga peduli dengan orang lain selain dirinya sendiri. Suatu hari, ia dan sepupunya, Angela, diculik oleh sekomplotan preman yang ingin mencegah ayahnya, pak Suryajati dari mengikuti tender proyek MRT, yang jadi rebutan banyak kontraktor besar. Sayang, dalam kejadian itu, Angela tewas terbunuh. Sejak saat itu, Tiara bersumpah akan membongkar habis dalang dibalik pembunuhan itu, dengan caranya sendiri. Dari sinilah awal mula Vigilante muncul. 


Oke, dari temanya aku membayangkan seorang jagoan wanita yang menyelidiki  kejahatan menggunakan cara-cara masuk akal. Tapi ternyata buku ini lebih mengarah ke fantasi daripada fiksi biasa. 


Untuk menjadi seorang Vigilante, Tiara berlatih beladiri selama 4 bulan, dan membangun markas bawah tanah di gedung penthouse tempat dia tinggal. Karyawan ayahnya, pak Alfred, bersama 2 anaknya yang jago dalam hal hacking dan teknologi ikut membantu menciptakan alat-alat canggih dan fantastis, demi mensupport kegiatannya sebagai Vigilante. 


Yang bikin aku banyaaaaak mengerutkan kening dan kurang sreg dengan jalan ceritanya, itu karena aksi yang menurutku terlalu berlebihan dan seperti ga ada tantangan .. Ditambah lagi percakapan yang terasa kaku dan aneh untuk selevel keluarga orang terkaya nomor 5 loh. 



MACAN HITAM ATAU KUCING OYEN?

Oke, ceritanya mereka ini menghadapi musuh preman yang disebut Macan Hitam. Suatu komplotan yang bahkan nih, polisi aja masih meraba siapa ketuanya, di mana markasnya dan siapa saja yang menggunakan jasa dari preman nomor 1 di Indonesia ini. Yang mereka tahu, Macan Hitam sangat kuat, ditakuti dan licik. Ibaratnya gerombolan ini bagai udara, tak terlihat, tapi bisa dirasakan. Tsaaaah! Mereka tidak segan berkhianat ke pemakai jasa lain, yang berani membayar lebih tinggi. Selama ini, TIDAK ADA SATUPUN yang berhasil mengalahkan para preman-preman misterius ini...


Sampai akhirnya mereka bertemu dengan teamnya Tiara Suryajati 😁.. 


Tiara, dibantu oleh peralatan canggih ciptaan Lita dan Phillip, 2 anak yang belum lama-lama amat lulus kuliah, menghadapi macan hitam dalam beberapa kali pertempuran. Ajaibnya, Tiara dan team selalu menang, atau beruntung bisa selamat. Macan Hitam yang terkenal garang, ntah kenapa nih yeee, berubah jadi Kucing Oyen tiap kali berhadapan dengan Vigilante Tiara 🀣🀣. Pokoknya selalu kalah wis... Kayak udah ga ada lagi garang-garangnya yang mematikan πŸ˜…. Dipikir-pikir hebaaaat amaaaat si Tiara, belajar berantemnya aja baru 4-5 bulan loh πŸ‘πŸΏ. Pasti dia pintar dan jago olahraga yeee kaaaan 😁. 



TONY STARK, KOSTUM IRON MAN MU GA ADA APA-APANYA...

Trus niiih, kostum yang dibuat oleh teamnya tadi, angkat topiiii pas tau kegunaannya. Aku yakin, seorang Iron Man aja bakal minder dan nangis 🀣. 


Oh iyaa, untuk menjadi Vigilante, Tiara pakai kostum dan topeng,  supaya bisa lebih hebat dan mukanya tetep ga terlihat. Langsung kebayang Saras 008 sih aku.. 


Trus, itu kostumnya bisa bicara cuuuuy, kan beneeeer mirip ama kostumnya iron man yang juga bisa ngomong, bisa prediksi lokasi, musuh, dan ngasih tahu macam-macam ke pemakainya. Hebaaaat yak πŸ˜„.. Pas Tiara terdesak, dari earpiece yang mereka pakai dan bisa berkomunikasi sejauh apapun, pasti adaaaaa aja solusi yang dikasih ama teamnya Tiara, supaya bisa mengalahkan musuh.


 Contohnya, sarung tangan yang dipakai ternyata ada perekat yang bisa menempel di mana aja, udah kayak Spiderman merambat bok. Bukan itu aja, gesper yang dipakai bisa melubangi kaca, kok aku jadi inget Superman yang matanya bisa ngeluarin laser yaaa 🀣🀣. Itu aja?? Belum dooong, kostum Tiara juga dirancang supaya tahan peluru,  pemakainya bisa lari kencang bagaikan Flash πŸ˜„, dan lengan dibuat kuat bagaikan Hulk, untuk mampu menahan tiang bangunan yang mau roboh. 


Anziiiiir, penulisnya pasti ngefans berat ama Avengers, tapi bingung mau pilih tokoh mana, jadinya semua kekuatan mereka dijadiin satu, dalam sebuah kostum Vigilante Tiara 🀣🀣. Tapi ga gitu juga kali Cong, kan kesannya maruk nih πŸ˜…... 


Itu baru kostumnya... 



INI VIGILANTE, POWER RANGERS ATAU MEMBER DARI FAST AND FURIOUS SIK...

Soal senjata, ga main-main genks... Yang bikin aku terhura, pas baca adegan mereka kejar-kejaran ama polisi jahat di jalanan Jakarta yang ga pernah sepi ituuu. Tiara pakai mobil mewahnya yang tahan peluru, dan polisi jahat ngejar pakai helicopter. Tembak-tembakannya ada doooong, tapi ga pakai pistol, melainkan BAZOOKA dan EMP yang gunanya melumpuhkan baling-baling heli! Huiibaaaaat ih, bazooka loh cuy. Beneran kayak power rangers! Emang beda kalo jadi orang kaya kan.. Pistol, apa itu pistol? Tradisional banget 🀣🀣. 


Pernah juga mereka berantem pakai lempar-lemparan misil dan rudal wooooooy! 😱😱. OMG, om  Kim Jung On pasti bangga dengernya. 



MENGUASAI TEKNOLOGI ITU WAJIB!

Tiara beruntung ameeeeet punya kawan yang otaknya ngalahin opa Einstein. Bayangin ajaaaa,  pas Tiara bilang dia butuh CCTV di Polda Metro Jaya dibikin inactive supaya doi leluasa masuk ke ruang wakapolda untuk mengambil dokumen bukti kejahatan, sigaaaap temennya langsung menghack dengan amat sangat mudah CCTV di Polda. Aku ulangi, POLDA METROJAYA loh yaaaa, bukan CCTV rumah yang pake Bardi doang. Dan Tiara dengan mudahnya bisa menyelusup masuk ke kantor wakapolda. Cihuuuuy dah.

 

Belum selesai kepintaran temen-temennya. 


Pas udah masuk, dan nemuin brankas besi digital yang dicari, bukan sulap bukan sihir, langsung kebuka pakai senjata EMP yang mematikan kunci dari brankas. Uwoooow sekaliiii, masih lebih bagus pakai brankas manual yang masih harus diputer-puter kodenya dong yaaa. At least usaha dikit kalo dibobol. 


Setelah dokumen bukti kejahatan diambil Tiara, dia tinggal melenggang kangkung keluar. Easy peasy squeezy ... Aku jadi mikir, dia yang setengah dewa, atau Polda segitu lemah pengamanannya sampe berhasil dijebol ama anak kemarin sore 🀣🀣🀣

 


KEBERUNTUNGAN TANPA BATAS

Aku ga tau nih, ortu si Tiara ada berbuat kebaikan sebesar apa dulu, sampe anaknya beruntung mulu. Kejadian saat Tiara dimasukin ke penjara Polda, trus ada macan hitam yang menyelinap dan melempar bom molotov ke dalam penjara dia. Kayaknya si pelempar bom  pakai jurus masuk tanpa bayangan sampai bisa segitu mudahnya ngelemparin penjara dalam kantor pusatnya polisi, pake bom πŸ˜…πŸ˜…. 


Nah, Tiara saking beruntungnya, cuma luka memar kebeset dikiiiit tsay, selamat karena memakai jaket yayang Bagus (nama pacarnya) yang penuh lapisan cinta. Kevlar yang mahalnya ampun-ampunan itu, mesti introspeksi. 


 Kostum super canggihnya sedang ga dipake loh. Padahal dipan dan bukunya kebakar abis, memang lah, jangan underestimate kekuatan sebuah cinta cyiiiiiin 😍. Selamat pasti hidup kalian kalo selalu mencintai... 🀧



BUDAYA LOKAL INDONESIA JANGANLAH ENGKAU REMEHKAN

Kalo kemarin bu Rara mendapat banyak macam-macam komen tentang keahliannya sebagai pawang hujan, di cerita ini ada jugaaa  budaya lokal bangsa yang walau dibenci, tapi masih tetep dipakai oleh sekelompok orang. Apaan tuuuuh?? 


I.L.M.U H.I.T.A.M geeeees.


Jadi, musuh-musuh yang dihadapi Tiara, bukan cuma kaya dan berpengaruh, tapi juga percaya ilmu-ilmu ghoib yang bikin ga bisa mati dan kebal senjata πŸ˜…. Piyeee coba, sia-sia doong ah segala kecanggihan teknologi yang Tiara and team punya.


 Ditembak berkali-kali aja besoknya udah bugar lagi tuh penjahat 🀣. Trus ama polisi, diminta untuk cari,  jimat apa yang dipake gees, biar bisa mesen juga ama dukunnya, eh maksudnya supaya bisa  ditangkap ceritanya πŸ˜…. 


 Uwoooow sekali kaaaan... Dan ga pake waktu lama pula nemuinnya. Gerceeep pokoknya, tau-tau dapet aja gitu jimatnya di mana πŸ˜„.. Seandainya ini terjadi di dunia film, aku yakin team Vigilante  pasti direkrut Dominic Toretto untuk bergabung. Kurang apa coba... Teknologi dah ngalahin avangers, trus biasa menghadapi santet dan ilmu begituan pulaaa πŸ˜‚.. 

---------------------------



SUMMARY....

Ceritanya amazing lah.... Kombinasi antara kehebatan seluruh team avangers jadi satu, kemampuan berantem dan berperang ala-ala fast and furious, dan kecerdikan sang MacGyver ditambah Mbah Einstein, menambah kekuatan Vigilante menumpas kejahatan di Jakarta, semoga merambah seluruh dunia... Amiin... 


*Menamatkan buku size lebar 438 halaman dengan ukuran huruf kecil, trus bengong sejenak... Sebenernya buku apaan sih yang aku baca ini ..  🀣🀣🀣..

 

Sekian, ulasan paling ngaco yang pernah aku tulis πŸ˜‚πŸ˜‚.. 






Comments


  1. Oohh Vigilante artinya menegakkan hukum secara personal. Dalam artian hanya menurutnya saja tanpa pernah peduli dengan hukum yang berlaku.

    Judulnya sih keren 'Jakarta Vigilante' tetapi cerita didalamnya memang agak aneh, seolah dibuat hanya untuk sebuah angan2 belaka. Dan lebih mengedepankan tentang kisah super hero untuk anak2 kecil.🀣🀣🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaaaaaah itu diaaaa, ini ceritanya kok lebih kayak super heroes kesayangan anak2 gitu loh 🀣. Padahal aku ngerti, penulis ingin menciptakan karakter super heronya sendiri. Cuma semua kekuatan diborong, malah jadi aneh sendiri dan ga enak dibaca. Iron man aja susah payah utk menjadi seperti itu 🀣🀣

      Delete
  2. Hhahahha, mba mba baca Judulnya aja harus mikir dulu, pasti ga banyak orang yg tau arti Vigilante itu apa wkwkkw.

    Disini ceritanya jalan si Tiara kok mujur amat ya, cuma latian beladiri doang 4 bulan sisanya mulus kaya jalan tol. Dengan mudahnya punya kostum sebegitu kerennya, mbobol dokumen di Polda lah, ngecek CCTV lah, ampe ke hal2 ghoib segala hahahha.

    Trs endingnya gmn itu mba? Terbongkar ga tradegi pembunuhan Angela?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan jalan tol lagi mba, udah sirkuit Mandalika mulusnya 🀣🀣🀣.

      Ya pasti ketemu dalang si pembunuh Angela. Gila aja kalo sampe ga, udah dikasih keajaiban dari awal Ampe akhir masih ga ketemu 🀣🀣🀣 di amuk massa mba hahahahha.

      Duh aku kayaknya ga cocok apa ya Ama cerita fantasy super mulus begini. Rasanya kayak mendongeng ke anak2 🀣

      Delete
  3. Kak, aku ngakak baca ulasanmu wkwkkwkwk. Aku paham gimana perasaan Kak Fanny setelah menyelesaikan buku ini, hahaha. Mestinya musuh sejenis Thanos dimasukkin juga ke buku ini biar greget, atau masukkin karakter anime semacam Ajin (manusia yg gak bisa mati) supaya makin nampol, pengin tau -- apa bisa si Tiara dkknya memusnahkan mereka *lucu banget*, aku masih ketawa ngebayanginnya, ini ngetik sambil senyum2 sendiri baca tulisan Kak Fanny wkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuuuu kak 🀣🀣🀣. Harusnya ada Thanos nih, biar greget dikiiiit gitu loh pertempurannya .. jadi kan ga gampang ngalahinnya. Kalo terlalu zuper duper gini jadi bosen yeee kaaaann 🀣🀣🀣🀣

      Delete
  4. Aku baru tau istilah Vigilante ini loh setelah baca blog mba. Tapi sebenernya banyak ya orang2 yg seperti ini dalam menyelesaikan sesuatu hihihi "dengan caranya sendiri" even jadinya rada absurb dan merepotkan hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahah bener mbaaaa... Kalo terlalu absurd, malah jadi ngerepotin orang sekota 🀣

      Delete
    2. Ada mba Fan, kalau nggak salah Fast and Furious 5, kurang lebih sama seperti Saras 008 diatas πŸ™ˆπŸ™ˆ, untuk mencari barang bukti kejahatan seseorang Dominic dkk melakukan adegan pencurian brankas pakai muscle car πŸ˜‚πŸ˜‚.

      Delete
  5. Mba Fannyyy hahaha, aku ngakak baca reviewnya 🀣🀣.

    Adegan masuk ke Kapolda dan buka brankas itu aku rasa dia juga terinspirasi dari adegan Fast and Furious dimana Dominic dkk mencuri brankas dari kantor polisi πŸ˜….

    Berarti bisa dibilang karakter Tiara disini udah kayak super power banget ya dimana nggak hanya memiliki tenaga para Avengers tapi juga Fast and Furious πŸ™ˆπŸ™ˆ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku banyak lupaaa adegan2 fast and furious saking banyaknya mbaaa 🀣🀣🀣. Adaaa Yaa yg menyelusup ke kantor polisi? Jadi pengen nonton ulang wkwkwkwkwk.

      Tapi memang agak malesin nih novel. Itu aku belum tulis aja ttg aircraft yg dipake 🀣. Lebih 'yahud' fantasinya hahahahaha.

      Delete
    2. Idiih aku replay dimana itu πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ€£.

      Delete
  6. Wkwkwk Kakak 🀣 aku penasaran baca review lengkap dari Kakak dan ternyata review lengkapnya bikin ngakak 🀣. Aslii, iya yah, mulus banget ini cerita superheronya πŸ˜‚. Kok aku jadi merasa janggal juga kalau terlalu dewa gini tokohnya wkwkwk bukannya keren, malah terasa jadi datar nggak sih karena terlalu mulus jalannya? πŸ˜‚
    memang konsepnya mungkin nggak realistis ya, tapi premisnya bagus dan menarik lho 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semulus sirkuit Mandalika 🀣🀣. Tanpa rintangan wkwkwkwkw. Flat bangettt Li. Aku beli ini novel hanya Krn tertarik Ama sinobsis di belakangnya.. kayaknya bagus aja. Ternyata wow banget 🀣🀣. Sekalian aja pake sihir, biar mirip harpot πŸ˜„

      Delete
  7. Ya ampuunn, padahal ni buku lagi rame banget dicari booklovers, etapi kok bikin tepok jidat ya? Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaa? Aku baru tahu mba πŸ˜…. Aku beli ini Krn tertarik Ama sinobsis di cover belakang nya doang πŸ˜‚

      Delete
  8. Semacam cerita gundala putra petir ya kak. Cuman ini berasal dari keluarga kaya dan punya penjaga bernama alfred, sekilas jadi mirip batman sih ini.
    Kalau yang suka cerita suoer hero pasti menikmati banget bukunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gundala putra petir udah ketahuan fantasi di awal mas πŸ˜„. Tapi Krn di sini tokoh utamanya terlalu hebat, jadi flat sih.

      Delete
  9. Ulasannya bagus kok, Kak. Justru yg asyik itu kalau baca review buku yg jujur.
    Emang jadinya kuciwa karena ceritanya too good to be true?

    BTW Kak Fanny suka baca buku cerita anak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persis!! Terlalu ga masuk akal. Bukan berarti aku ga suka buku fantasi, aku ngefans berat Ama harry Potter dan avangers, tapi dari awal udah tahu kalo itu bakal penuh dengan fantasy.

      Lah yg ini beda sih. Tokoh yg terlalu hebat, kelemahannya cuma seuprit jadi bikin flat cerita dan bosen jujurnya πŸ˜…

      Cerita anak aku sukaaaa dong. Kan anak2ku msh rutin aku beliin buku yg sesuai mereka mba. Dan sering aku bacain tiap malam. Tapi memang kalo cerita anak aku ga masukin ke target membaca ku πŸ˜„.

      Delete
  10. Kak Fan, aku boleh jujur gak...?!

    Aku KETAGIHAAAANN sama ulasan buk kak Fan.
    Entah kenapa, padahal kak Fan jelasinnya gak detil. Misal, karakter Tiara itu gimana, tapi justru penjelasan yang mengalir disertai komen-komen cerdas khas orang Jekarda ((kaya anziirr, hahaha...)) ini menambah keasyikan membaca resensi buku yang dituliskan kak Fan.

    Dari resensi Novel Jakarta Vigilante yang diulas kak Fan, satu hal yang aku garis bawahi bahwa penulis Indonesia mampu membuat novel sekelas Avengers.
    Hihii~

    Semoga ulasan cakep novel dari kak Fan segera tayang lagi.
    mantul banget, kakakkuuuh~

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🀣 berarti yang ntar2 aku baca buku yg ga sesuai preferensi lagi, biar bisa mengulas ngaco dong mba πŸ˜…πŸ˜‚..

      Aku usahain untuk bikin ulasan yang menarik, tapi memang kalo bukunya aku suka banget, malah 'bener' ntr ulasannya 🀣

      Delete
  11. Nah lebih seru baca ulasannnya secara aku kurang begitu ama super hero anime kartun dsb bagian anak anak emaknya lbh suka yg drama drama mellow wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha gpp mba, akupun fav nya thriller. Kirain ini thriller awalnya, ternyata bukan. Dan telanjur baca, ya aku lanjutin πŸ˜‚

      Delete
  12. Di bagian awal cerita langsung kepikiran alur cerita bruce wayne/batman. Sudah mirip. Khan ada asistennya yg bernama Alfred, dan mr.fox yang bikin senjata-senjatanya. Tapi semakin ke bawah ceritanya melebar kemana-mana...hiiks

    Bener kata mbak fanny, dibandingkan cerita tetang pembunuhan/ thriller, emang lebih cocok ke fantasi.

    Mbak fanny kepikiran dapat dan baca buku ini dari mana...?heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh mas Rivai udah baca juga yaaa. Iyaa kan, ceritanya jadi ga jelas kebawah. Padahal temanya udah oke banget.

      Aku kan beli ini di toko buku bekas langganan ku. Nah aku beli Krn tertarik baca sinobsis yg dibelakang buku mas. Kliatannya kan menarik tuh. Kalo tau ceritanya begitu aku juga males beli 🀣🀣🀣

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REVIEW NOVEL: PHILOPHOBIA By TESSA INTANYA

REVIEW NOVEL: THE SPOOK'S APPRENTICE By JOSEPH DELANEY

REVIEW NOVEL: GONE BUT NOT FORGOTTEN By Phillip Margolin