NOVEL A MONSTROUS REGIMENT OF WOMEN By Laurie R King

 


Aku ga terlalu ngikutin kisah-kisah detektif terkenal Sherlock Holmes, jadi ga begitu tahu juga cara dia menyelidiki kasus terlebih tentang kehidupan pribadinya di buku. Baru tahu kalo Holmes punya adik perempuan bernama Enola, itu juga karena Netflix πŸ˜„


Melalui buku A Monstrous Regiment of Women, malah jadi tahu kalau Holmes juga punya seorang murid wanita, yang diam-diam tidak hanya menganggapnya sebagai mentor, tapi juga jatuh cinta kepada lelaki yang jauh lebih tua jarak usianya ini. Mary Russel, wanita muda kaya raya, yang juga mengikuti jejak sang guru menjadi seorang penyelidik. Kedekatan hubungan mereka, membuat Mary lambat laun mencintai Holmes.




---------------------------

Kasus yang tengah diselidiki ini, menyangkut kematian misterius dari beberapa wanita yang mengikuti komunitas Bait Allah, dengan Margery Childe sebagai pemimpin. Suatu perkumpulan di mana mereka percaya bahwa wanita adalah makhluk sama kuat dan hebat layaknya laki-laki. 


Setelah diselidiki, kematian yang terjadi melahirkan banyak tanda tanya, karena kesamaan para korban adalah semuanya pengikut setia Bait Allah dan mereka sudah membuat wasiat untuk menyerahkan sebagian besar harta agar dipergunakan buat kepentingan dakwah komunitas tersebut.


Tentu saja Mary dan Holmes tidak tinggal diam. Dengan hartanya yang juga melimpah, Mary mencoba membuat jebakan sendiri, tapi kecerobohan yang dia lakukan malah membuat nyawanya nyaris melayang. Mary diculik oleh pelaku yang kuatir kedoknya akan terbongkar. Selama penyekapan, tubuhnya disuntik narkoba terus menerus hingga nyaris menjadi candu. 


Kali ini tidak ada Holmes yang menolongnya. Mary harus berjuang sendiri agar selamat, dan kluar dari gudang tempat dia disekap dan dibuat overdosis perlahan. Apakah Mary bisa membuktikan dia tetap survive tanpa bantuan Holmes, atau memang mereka berdua ditakdirkan untuk selalu bersama. Mungkin Holmes saja yang masih belum sadar mengenai perasaan terdalam, terhadap anak didiknya ini 😁.


------------------


Menarik, hanya saja sedikit berat alur ceritanya. Apalagi jika sudah membahas beberapa ayat Injil yang banyak dibahas di dalam buku πŸ˜…. Memang sih, ayat-ayatnya sendiri tidak ada sangkut paut dengan kasus, tapi aku tipe pembaca yang suka membaca segalanya, walaupun itu termasuk ayat-ayat suci dari kitab agama lain. Ini yang membuat kecepatan baca jadi menurun, demi bisa paham isi ayat-ayatnya. 

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW NOVEL: PHILOPHOBIA By TESSA INTANYA

REVIEW NOVEL: THE SPOOK'S APPRENTICE By JOSEPH DELANEY

NOVEL THE BORROWED 13.67 By Chan Ho Kei