NOVEL AIR MATA TERAKHIR BUNDA By Kirana Kejora

 Reading Challange bulan Oktober ini mengambil tema Buku Bercover Ungu. Udah mengagak-agak sih, kayaknya buku berwarna ungu aku ga banyak deh, dan ternyata beneeeer 🀣. Cuma ketemu 4, itupun ada 1 buku yang aku ga yakin sebenernya masuk kategori ungu, atau biru πŸ˜‚. Padahal yaaa warna ungu itu favoritku juga setelah Merah. 😁


Novel kali ini, jujur agak ragu  mau membaca isinya. Dari judul saja, Air Mata Terakhir Bunda, bisa ditebak kalau ceritanya bakal sedih 😣. Lagi ga pengen baca yang menguras air mata soalnya πŸ˜…. Tapi secara buku ungu memang ga banyak, yo wislaaah, aku baca juga, dan ternyata bener, mewek kan bacanya πŸ˜£πŸ˜‘




----------------------

Delta Santoso, lahir dari seorang ibu yang walau miskin, tapi sangat menyayangi anak-anaknya. Dia punya suami, tapi kabur dengan wanita yang lebih kaya. Kerjaannya hanya mabuk dan judi. Boro-boro memberi nafkah untuk anak-anak, pernah ibu Delta datang hanya untuk meminta uang sedikit buat keperluan sekolah, dia malah mengamuk membabi buta.. Sejak itu, bagi ibu pantang untuk  mengemis dari suami tak bertanggung jawab. Dia lebih baik bekerja lebih keras, puasa lebih sering, hanya demi anak-anaknya bisa makan dan sekolah 😭.


Untungnya Delta anak yang pengertian. Dia tahu seberat apa ibu berjuang demi mereka. Beasiswa yang dia dapat, dimanfaatkan sungguh-sungguh demi bisa mengangkat derajat hidup mereka, dan membahagiakan ibu. Tiap kali ditanya oleh wanita-wanita yang pernah dekat dengannya, siapa wanita yang selalu ada di hati, Delta hanya menjawab, Ibulah yang akan selalu ada di hati. Jawaban yang malah membuat dia sering  gagal menjalin hubungan. 


Sedalam itulah cinta dan hormat Delta kepada ibu. Hingga saat lumpur Lapindo menenggelamkan rumah dan kuburan ibu tercinta, hilang sudah niatnya untuk menguburkan wanita yang sangat dia cintai di tempat yang lebih baik. 


Ibu, yang tidak pernah menangis di depan mereka, hanya menggigit bibirnya sekeras mungkin agar tangisnya tidak terdengar. Ibu yang memilih puasa agar anak-anaknya bisa makan. Ibu, yang rela dimaki para tetangga ketika meminta pinjaman setrika karena setrika mereka terpaksa dijual demi membeli sepatu untuk Delta yang sudah kekecilan, padahal ayah mereka punya toko sepatu  besar di desa sebelah. 


Ibu, yang sadar diri tidak pernah mau menunjukkan diri di depan teman-teman SMU dan kuliah Delta, hanya  demi tidak mempermalukan anaknya 😭.


Terakhir, ibu juga yang  pada akhirnya  harus menderita sakit tanpa Delta ketahui, karena menahan semua masalah hingga akhirnya mengendap jadi penyakit berbahaya 😭

 ---------------------------


Cerita  yang diangkat dari kisah nyata, dan pernah difilmkan dengan Vino G Bastian sebagai Delta,  benar-benar seperti kupasan bawang. Menguras air mata. Cinta sejati dari ibu yang tak segan mengorbankan segalanya untuk anak-anak yang sangat dia cintai. 


Comments

  1. Bahkan aku baca review Mba Fan aja mata udah berusaha ngebendung air.. πŸ₯² Sedih banget pasti ya mba... Jadi inget buku Seribu Wajah Ayah yang juga bikin nangis bombay. Aku bahkan sampai Stop baca beberapa menit buat ngeluapin emosi. Soalnya kalau ditahan tuh nggak enak. wkwk

    Ehhh udah di film'in ya? jadi penasaran... Ntar tak cari ahh..

    ReplyDelete
  2. Langsung gas ke iPusnas pas baca bukunya difilmkan dan yang main Vino Bastian. πŸ˜„ Untungnya ada, makasih mba Fanny reviewnya. πŸ™‡‍♀️

    ReplyDelete
  3. Ternyata buku yang sampulnya warna ungu tuh jarang ya, Kak 🀣. Di TBR aku juga cuma ada 3 yang ungu, itu juga ga sepenuhnya ungu πŸ˜‚

    Cerita tentang ibu atau ayah selalu deh bikin mewek banget 😭 makanya aku suka menghindar, tapi karena sering baca buku tanpa baca blurb bikin aku sering kecemplung ke buku-buku yang bahas ibu atau ayah secara tidak sengaja πŸ˜‚

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REVIEW NOVEL: PHILOPHOBIA By TESSA INTANYA

REVIEW NOVEL: THE SPOOK'S APPRENTICE By JOSEPH DELANEY

NOVEL THE BORROWED 13.67 By Chan Ho Kei